Refo「Fair Baccarat」rmasi Gereja di Eropa

  • 时间:
  • 浏览:0

Untuk menggFFair Baccaratair Baccaratanti gereja Fair Baccaratlama, Martin Luther mendirikan Gereja Lutheran yang menjadi gereja negara Jerman. RefFair Baccaratormasi Gereja juga berkembang di negara-negara Eropa lain.

Martin Luther pada tahun 1Fair Baccarat517 mengeluarkan 95 tesis yang berisikan protes terhadap konsep pengampunan dosa (indulgensi) yang dilaksanakan oleh Paus.

Tesis tersebut disebar oleh Martin Luther di berbagai pintu gereja di Wittenberg. Peristiwa tersebut merupakan awal mula dari gerakan Reformasi Gereja di Eropa.

Reformasi Gereja dipelopori oleh Martin Luther (1483-1548) yang merupakan seorang pastor dan profesor di Universitas Wittenberg, Jerman.

Pengucilan Martin Luther tidak membuat gerakan Reformasi Gereja surut. Gerakan Martin Luther yang mendapatkan dukungan dari pemimpin-pemimpin Jerman mampu meruntuhkan kekuasaan Paus di wilayah Jerman.

Reformasi Gereja di Eropa memberikan dampak sebagai berikut:

Konsep pengampunan dosa (indulgensi) di Eropa sebelum reformasi Gereja dilakukan.

Reformasi Gereja adalah upaya untuk melakukan perubahan ajaran kekristenan, agar sesuai dengan Alkitab. Reformasi Gereja di Eropa berlangsung pada pertengahan abad ke-15 Masehi.

Dalam buku Sejarah Eropa: Dari Eropa Kuno hingga Eropa Modern (2012) Wahyudi Djaja, dijelaskan beberapa latar belakang Reformasi Gereja, yaitu: 

Baca juga: Uni Eropa: Sejarah, Anggota, dan Tujuan

Paham-paham baru seperti sekulerisme, individualisme dan humanisme berusah untuk meruntuhkan dominasi gereja dari tatanan kehidupan masyarakat Eropa.

Baca juga: Kejayaan Eropa: Motivasi dan Nafsu

Baca juga: Zaman Renaissance di Eropa: Perkembangan dan Tokohnya

KOMPAS.com - Reformasi Gereja di Eropa tidak terlepas dari gagasan Renessaince yang mulai berkembang di Italia pada awal abad ke-15 Masehi.

Menurut buku Sejarah Pemikiran Reformasi (1997) karya Allister McGrath, Jean Calvin dari Perancis (1509-1564) memimpin sebuah ajaran bernama Calvinis yang pengikutnya berasal dari Belanda, Inggris dan Skotlandia. Selain itu, mucul pula ajaran anglikanisme yang dipimpin oleh raja Henry VIII Tudor di Inggris.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Gerakan protes dari Martin Luther mendapatkan reaksi yang keras dari pihak gereja. Pada tahun 1521, gereja melakukan pengucilan terhadap Martin Luther.