3 Fakta Menarik Fenomena Ekuinoks Maret Hari Ini di Indones「How to play baccarat」ia Halaman 2

  • 时间:
  • 浏览:0

DHow to plHow to play baccaratay baccaratapatHow to play baccaratkan informaHow to play baccaratsi, inspirasi dan insight di email kamu.

Daftarkan email

Jika ditinjau dari pengamat Tata Surya di luar Bumi, posisi sumbu rotasi Bumi tegak lurus terhadap  arah sinar Matahari ke Bumi.

"Dan saat Matahari terbit di hari itu, Matahari akan terbit tepat di titik timur. Sebaliknya saat terbenam maka Matahari akan tepat berada di titik barat," jelas Marufin.

Sedangkan, untuk pengamat di tempat yang lain, Matahari akan condong ke Utara atau Selatan sejauh lintang tempat Anda berada.

Hal ini mengakibatkan batas siang-malam berimpit dengan garis bujur di setiap permukaan Bumi.

2. Durasi siang-malam sama panjang

3. Matahari terbit tepat di titik Timur

"Pada saat ekuinoks terjadi, maka durasi siang (sejak terbit hingga terbenamnya Matahari) akan sama panjang dengan durasi malam di seluruh penjuru Bumi," ujar Marufin.

Hal ini karena perpotongan ekuator langit dengan horizon (ufuk) adalah titik Barat dan Timur tempat Anda mengamati Matahari.

Sehingga, panjang siang dan malam nyaris sama, walau kenyataannya tidak tepat 12 jam karena dipengaruhi oleh refraksi atmosfer.

Baca juga: Fenomena Equinox di Mesir, Saat Matahari Terbenam di Bahu Sphinx

Tidak hanya itu, ketika Ekuinoks ini terjadi maka Matahari akan terbit nyaris tepat di arah Timur dan terbenam nyaris tepat di arah Barat.

Baca juga: Fenomena Langit September 2020: Retrograde Mars hingga Equinox